Count of Monte Cristo

Penulis buku ini adalah Alexander Dumas (Lahir: 24 Juli 1802, Villers-Cotterêts, Perancis
Meninggal: 5 Desember 1870, Seine-Maritime, Perancis)

Buku cetakan ke 2 tahun 1992 dari penerbit Pustaka Jaya

Buku ini bercerita tentang Edmond Dantes yang dimulai di bulan Februari 1815 tanggal 24. Tahun dimana Napoleon Bonaparte kalah berperang dengan Inggris dan di asingkan ke P. Elba. Bagi yang suka sejarah tentunya sudah mengetahui hal ini.

Banyak tokoh yang diceritakan di dalam buku ini, jadi kalau mau baca buku ini sebaiknya ditulis nama dan perannya kalo enggak dijamin pasti bingung. Hahahahaha. Seriusaan saran ini.

Buku ini sudah difilmkan juga yang di rilis tahun 25 januari 2002, iya bener 18 tahun yang lalu. Diperankan oleh Jim Caviezel sebagai Edmon Dantes.

Le Pharaon adalah kapal dagang perancis yang dimana Edmond Dantes menjadi jurumudi pertama. Le Pharaon terpaksa merapat ke pulau Elba untuk memakamkan kapten Leclere, kapten kapal Le Pharaon yg meninggal. Di pulau itu Edmond bertemu dengan Napoleon dan menitipkan surat ke Edmond untuk seseorang.

Surat itulah yang menjadi Biang awal kesengsaraan seorang Edmond Dantes, tetapi juga segala kemuliaan nanti nya.

Pengkhianatan, cinta, intrik menghiasi ceritanya, kawan karib nya Ferdiand Mondego mengkhianatinya akhirnya membawanya ke penjara If, Chateu de If. Tunangannya yang bernama Mercedes pun tak tahu, pun ayahnya jika dia berada di penjara If karena sebuah konspirasi.

Di penjara If, dia bertemu dengan seorang padre berwawasan luas, Padre Faria. Edmond yang tidak bisa membaca akhirnya menjadi murid padre tersebut.

Padre mengajar kan membaca pada Edmond dan dia juga membaca semua buku-buku yang menjadi koleksi padre Faria. Sampai akhirnya sang padre meninggal karena penyakit yang dideritanya. Kematian padre menjadi jalan keluar untuk Edmond kabur dari penjara If. Padre sebelum menemui ajalnya memberikan rahasia besar karena kepada Edmond, rahasia keberadaan harta karun yang menjadi penyebab padre tersebut di penjara. Rahasia tersebut di buka kepada Edmond murid kesayangan nya di penjara If. Harta tersebut merupakan warisan padre kepada Edmond yang akan digunakannya untuk membalas dendam kepada semua orang yang membuatnya dijeblos kan ke penjara If tanpa pengadilan dan kesalahan yang dilakukan.

Buku bagus…. Selamat berburu dan membaca nya….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *