Ojo NggeGe Mongso

Jangan mempercepat waktu, nasihat orang jawa yang mengingatkan kita untuk senantiasa bersabar, semua ada saatnya tidak bisa dipercepat.

Keinginan berbuat baik memberikan kesenangan Kepada orang lain tidak selamanya berbuah kebaikan, Memberi hadiah tentu akan memberi kebahagiaan bagi yang diberi tetapi jika yang diberi malah bingung digunakan untuk apa maka anda telah memberikan kerepotan baginya tidak diterima mungkin pekewuh, diterima juga mau buat apa.

Walaupun tak ada balasan bagi kebaikan selain kebaikan juga, dan ini adalah sunatullah, tetapi mungkin belum siap memberi dan menerima kebaikan, karena belum waktunya terjadi proses tersebut, kesiapan penting agar tidak terjadi kebingungan apa yang akan dilakukan selanjutnya.

Roni…. Tolong ke rumah sebentar ya. Tulisan yang tertera di WA nya Roni suatu hari, dari bos nya di hari minggu pagi. Dengan penuh pertanyaan, Roni pun menyambangi rumah bos nya yg letaknya 1 km dari tempat tinggal nya. Assalamu’alaykum Bos,…. Dari depan pintu pager, terlihat Bos nya sedang nyuci motor Honda C70 warna merah. Masuk Ron, sebentar yaa..duduk aja dlu, bentar lagi kelar nih tinggal ngeringin. Ada apa ni Bos saya dipanggil kesini pagi-pagi, kata Roni setelah bos nya juga duduk didepan nya. Mau minum apa? kopi apa teh? tanya Bos nya. Kopi boleh bos. Ok bentar yaa… 10 menit kemudian keluar bos nya bawa 2 cangkir kopi yang masih mengepul. Ayo diseruput, kopi enak nih Ron.

Gini, Ron… Kamu udh 5 tahun kerja kan, dan saya lihat kerjaan kamu bagus dan kamu juga rajin, jadi ini ada uang 5 jt buat kamu daftar kursus bahasa Inggris dari saya, biar ada tambahan keahlian kamu di kantor dan bisa membantu pekerjaan kamu di kantor.

Wah terimakasih nih bos, mimpi apa ya semalem dapet rejeki segini banyak, Ini serius bos? Iya serius kata Bos nya sambil nyodorin amplop diatas meja. Terima kasih banyak bos, kata Roni sambil cium tangan Bos nya.

Bos, maaf uang yang 5 jt kemarin gak jadi saya buat daftar kursus nya, kata Roni didepan meja di ruangan bos nya. Terus kamu buat apa? Tanya Bos nya dengan dahi mengkerut khas Bos nya. Saya beliin cincin buat pacar saya Bos, biar dia yakin dia mau saya lamar nanti. Terbata-bata Roni mengatakan hal itu. Ohh begitu, oke kalo gitu. Ya sudah kalo udh begitu niat kamu, kata pak Bos nya Roni. Roni menatap bos nya dan berkata, Bos gak marahin saya? Bos nya hanya menggelengkan kepalanya dan tersenyum sambil berkata, sudah kamu kembali ke pekerjaan mu sana. Terima kasih bos, kata Roni sambil beranjak dari ruangan Bos nya.

Cerita kebaikan yang belum saatnya terjadi, karena ketidak siapan penerima kebaikan, sebaliknya Bos nya paham kebaikan yang dia berikan dan harapkan ternyata tidak seperti yang dia harapkan, dan dia menerimanya sebagai sebuah pengingat memang belum waktunya dan dia pun tak perlu memarahi bawahannya karena percuma tidak akan paham dan ada perbedaan menentukan prioritas tak ada yang salah.

Tidak bisa dipercepat Jika belum menjadi waktu yang sudah saatnya. Semua akan ada saat yang bener tur pener

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *